SIAK, TUALANG - Kabupaten Siak akan menjadi tuan rumah dalam rangka Forum Anak Tiingkat Provinsi Riau, yang akan di selenggarakan pada tangal  1 sampai 3 Mei 2016.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Siak
Untuk memastikan kesiapan kabupaten Siak sebagai tuan rumah Forum Anak Tingkat Provinsi , Arfan Usman Selaku Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Siak mempersiapkan segala sesuatunya, salah satu adalah dengan mengadakan agenda  pertemuan Forum Anak Kabupatenn Siak.

Selain melakukan agenda rutin setiap bulannya, Forum Anak Kabupaten Siak ini juga nantinya akan melakukan pelatihan tanggal 18 April. Pertemuan tersebut juga sebagai ajang seleksi dan kepengurusan periode 2016-2018 serta mempersiap kan dalam menyambut perayaan demokrasi yakni terselenggaranya Forum Anak Tingkat Provinsi di Siak.

“Dalam hal ini kami akan mempersiapkan anak-anak  yang masuk dalam Forum Anak untuk menjadi LO dalam pelaksanaan  di tanggal 1 mei nanti,”ujar Afran kepada Wartawan usai mengikuti pertemuan forum anak di Hotel Winaria (15/4/2016).

Adapun pelatihan yang akan dilakukan yakni pada tanggal 18-19 April bagi Forum Anak kabupaten dan tingkat Kecamatan.  Afran juga menambahkan nantinya dalam penilaian di ajang Tingkat Provinsi terbagi menjadi 3 kategori.

"Adapun kegiatan tingkat provinsi nantinya perlombaan, seperti pembacaan puisi, tari, dan masih banyak lainnya, dan untuk mendapatkan piala bergilir ada beberapa kriteria penilaian yakni, pendamping terbaik, Pembina favorit, dan fasilitator terbaik untuk mendapatkan piala bergilir,”ungkapnya.

Dikatakan Arfan, disamping untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak anak, kegiatan ini merupakan langkah pemkab untuk memperoleh predikat Nidia. Seperti yang tertuang dalam undang-undang yakni perlindungan terhadap anak yang dibagi menjadi  hal, yakni hak sipil dan kebebasan, pemenuhan hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, pemenuhan hak pendidikan dan kegiatan seni budaya, pemenuhan hak perlindungan khusus.

Dimana sebelumnya Kabupaten Siak tengah berhasil meraih predikat Pratama untuk Kabupaten Layak Anak dari pemerintah pusat. " Kita harus lebih meningkatkan dengan membuat kegiatan seperti  perlombaan, pelatihan, dalam rangka untuk Pemenuhan hak anak, secara merata di Kabupaten Siak," ujar Afran.

Selanjutnya dalam rangka persiapan pelaksanaan Forum Anak tingkat  Provinsi di Siak, Pihaknya akan melalukan pelatihan pada tanggal 18 April.(sia04)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.