SIAK, MEMPURA - Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memiliki peran penting dalam  menyuarakan aspirasi daerah ke pusat. Aspirasi ini tentunya yang menyangkut dengan kepentingan masyarakat luas. “Sejak dibentuk, sudah banyak aspirasi yang kita sampaikan ke pusat,” kata Syamsuar usai dilantik sebagai pengurus Apkasi periode 2015-2020, di Jakarta Internasional Expo, Jakarta Pusat, Kamis (5/5).

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Siak
Dalam pelantikan itu, orang nomor satu di Siak ini dipercayakan sebagai Sekretaris Bidang Energi Sumber Daya Mineral, bersama kepala daerah lainnya oleh Mendagri Tjahyo Kumolo.

Menurutnya, wadah Apkasi ini menjadi  media dalam penyerapan  aspirasi-aspirasi di daerah sehingga bisa diperjuangkan bersama untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat.

Orang nomor satu Siak ini menambahkan, keikutsertaan  Kabupaten Siak dalam Apkasi bisa membantu menjawab aspirasi di daerah nantinya. “Manfaatnya banyak sekali,” kata dia.

Ia sudah menjabat dua periode di Apkasi. Selama menjabat, tak sedikit aspirasi masyarakat yang didiskusikan pada forum ini.
Bahkan, Apkasi ini kerap kali menggelar pertemuan membahas isu-isu krusial, yang hasilnya disampaikan pada pemerintah pusat. “Ini semua untuk memajukan daerah,” katanya.

Dalam memajukan daerah tak bisa sendiri. ‘’Kita harus bersama-sama. Bahkan di tingkat daerah, pemkab juga telah membuat forum-forum seperti itu, seperti Pekan Sikawan, Siak Bedelaw.

Kerja sama antarkabupaten/kota di Riau ini berkomitmen sama-sama memajukan daerah. “Kerja sama ini sudah terjalin, dan masyarakat sudah merasakan manfaatnya,” sebut dia.

Berbagai program prorakyat disinergikan bersama kabupaten/kota di Riau untuk memajukan daerah dan masyarakat.
“Saya berharap dengan dikukuhkannya pengurus yang baru, bisa meningkatkan otonomi daerah, menyejahterakan rakyat dalam menghadapi MEA ke depannya,” sebut dia.

Pada acara Apkasi,  sekaligus pameran dari masing-masing kabupaten seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Siak itu bertemakan Apkasi international Trade and  Investment Summit Series 12th Indonesia Investment Week 2016 dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.(sia05)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.